Selamat Datang!

Selamat Malam,

Ada baiknya saya mempekenalkan diri terlebih dahulu. Nama saya Muhammad Yuka Langbuana. Biasa dipanggil Yuka. Saya adalah mahasiswa di Voiland College Of Engineering and Architecture di Washington State University, Amerika Serikat. Lebih spesifiknya, saya sedang mendalami program studi Ilmu Komputer.

Sebagai seorang mahasiswa Indonesia di luar negeri, tidak seharipun saya melewati hari tanpa membuka berita tentang Indonesia. Rasa rindu saya, dan saya yakin saya mewakili mahasiswa Indonesia lainnya, pada negara kami, adalah lecut penggerak langkah kaki ini menuntut ilmu dari guru-guru dan manusia-manusia terbaik di dunia. Harapan kami semua adalah ketika tiba saatnya kami pulang ke tanah air, kami pulang membawa ilmu dan pandangan segar untuk negeri ini, dan berkontribusi terhadap pembangunan Indonesia.

Saya yakin, sebagai bagian dari tradisi reformasi tahun’98, mahasiswa & mahasiswi adalah bagian dari penjaga dan pilar utama demokrasi Indonesia kontemporer. Kami pemuda dengan semangat idealisme yang masih segar-segarnya, adalah bagian penting dari kritik terhadap jalannya roda pemerintahan. Karena apalah arti semangat kebangsaan dan moral berbangsa, jika tidak dilandasi idealisme yang kental. Seiring berjalannya waktu, mungkin idealisme kami akan memudar ketika dihadapkan pada realita hidup. Tapi itulah, generasi muda yang masih berkobar semangatnya akan datang menggantikan kami, generasi yang menua.

Semangat seseorang pasti memudar, tapi pemikiran seseorang yang tertuang pada tulisan, akan terus hadir untuk dibaca generasi yang akan datang. Jika anda merasa bagian dari “generasi muda” yang saya bicarakan diatas, inilah persembahan saya untuk kalian; buah pikiran dan solusi yang telah kami pikirkan untuk kemajuan bangsa. Belajarlah dari kesuksesan dan kesalahan kami. Niscaya negeri ini akan semakin dewasa dan mantap menghadapi masa depan.

Selamat membaca,

Yuka
Mahasiswa Indonesia

Leave a comment